Tuesday, October 13, 2009

yuk kita nge Tweet


Halo peeps! Waw..gw ga sadar udah lama banget ga nulis sesuatu disini. Kali ini gw mau nulis yang agak resmi aja. Soalnya suka bosen kalo baca tulisan gw berkali-kali (ya iyalah emang tulisan gw sebagus apa sih?)

Nah kali ini gw mau sharing gimana cara pake Twitter, heheheheh secara gw yang pertama kali mempopulerkan situs jejaring sosial satu ini di kantor. Pdhal gw sengaja biar banyak follower aja hehehehehehe pertama kali kita harus menghapus semua memori tentang situs jejaring sosial sejenis Facebook, friendster, Hi5, tagged, myspace dan sodara-sodaranya yang jumlahnya ga ketulungan udah berapa saat ini????? (siapa yang tahu; ancungkan jari???) karena Twitter beda banget dengan web 2.0 sejenis. Istilah microblogging sudah disandangkan buat situs ini, so kalo lu mau share apapun silahkan ngetwit aja disana.

Apa yang kudu kita lakukan nih langkah-langkahnya
1. Masuk ke halaman Twitter ini.
2. Tulis nama kamu, avatar (gw saranin sih pake foto aja biar mudah dikenalin) trus orang bisa jadi follower kita.
3. Pertama kali pasti bingung mau ngapain, bagusnya kamu liat-liat aja dulu tweety punya orang-orang dengan cara baca-baca atau kalo kamu tertarik silahkan centang tombol Following...
4. Pengertian following adalah kita jadi salah satu orang yang bisa membaca apa yang di tweet sama doi, so kita juga bisa update informasi mengenai doi lg ngapain atau apa yang dishare olehnya di twitter.
5. Biar seru, ajak temen-temen gabung di Twitter (seperti yg gw lakukan) so nantinya mereka bisa jadi follower kita, jadinya kayak artis gitu setiap status update terbaru langsung dishare via Twitter dan kita bisa saling bales-balesan kayak chatting gitu tapi menurut gw Twitter sekarang sudah disalahgunakan dengan memborbardir update status sampe suka pusing baca balesan orang-orang.
6. Bersosialisasi dan berkenalan dengan orang-orang baru melalui tweety-nya, mulai dari membales tulisan dengan beberapa peraturan misalnya ga boleh terlalu maksa, atau mengajukan pertanyaan dan lainnya. resikonya semua follower kita tahu semua yg kita twit via twitter.
7. Kata orang jangan terlalu narsis, tadi udah gw tulis ya? maksudnya gini jangan terlalu berlebihan aja. Emang lu siape hehehehehe????
8. Nah bagusnya lagi kita bisa mengupload foto-foto dalam satu album dan dikomentari rame-rame gitu. Emang sih ga kayak Facebook atau friendster tapi paling ga, lu kagak perlu khawatir lg untuk nyimpen album foto atau foto-foto ga penting lainnya via Twitpic.
9. Terus apa lagi ya, oh iya yang lu harus tahu. Di Twitter kita dibatasi nulis sampe 140 karakter doank, kalo kelebihan paling dipotong secara otomatis dibagian ujungnya. So saran gw sih gunakan semaksimal mungkin dengan menulis yg pasti2 aja, kalo mau panjang gunakan .
10. Kita bisa aja diblok oleh orang yang kita following kalo seandainya kita terlalu maksa nulis berlebihan soalnya suka menganggu halaman profil-nya. Makanya saran gw jangan terlalu sering nulis ke orang yg ga kita kenal. Lu bisa tahu status para artis lagi ngapain dan bisa bales dengan me-retweet tapi jangan berharap banyak untuk meminta balasan atau menganggu tweety-nya. Mending sesama temen-temen aja lu perlakukan seperti itu.
11. Aturan membales juga rada unik dengan kode RT @namatweet...bla..bla.... misalnya gini : "Kapan ajak gw nonton donk RT @asriel992001 : gw mau nonton siang ini di PIM, ada yg mau?" nah RT = Reply To..sertakan @ disetiap akun twitter yg akan dibales.
12. Jangan kirim SPAM, kadang-kadang suka ribet aja ada beberapa orang yg suka iseng berbagi info tapi ga penting dan ga disukai followingnya nah itu udah kategori SPAM. 13. Update perkembangan informasi via halaman berita semisal @thejakartaglobe, @tvonewebnews,@kompasdotcom dan banyak yg laennya jadi lu ga dianggap kuper...

sekian sharingnya mudah-mudahan bermanfaat, berbagai aplikasi twitter via BlackBerry banyak kok tersedia seperti Ubertwitter dan masih banyak yg lainnya.

No comments: